Arsip Bagian Penting Reformasi Birokrasi

Arsip Bagian Penting Reformasi Birokrasi

Arsip Bagian Penting Reformasi Birokrasi

Penyelenggaraan kearsipan menjadi salah satu bukti kegiatan yang diadakan pemerintah sekaligus menjadikan sah tidaknya kegiatan tersebut. Demikian disampaikan Widoyoko, salah satu penilai Lomba Gerakan Tertib Arsip Tingkat Nasional 2019 ANRI saat berkunjung ke LKPP untuk melakukan verifikasi lapangan, Selasa (26/3).

“Pengelolaan arsip harus dapat menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh dan terpercaya,” ungkapnya.

Ada 5 (lima) poin yang dinilai dalam Lomba Gerakan Tertib Arsip Nasional 2019, yaitu kebijakan pengelolaan arsip dan arsip dinamis, pembinaan kearsipan, SDM serta sarana prasarana. Lomba tahun ini diikuti 28 instansi pemerintah pusat. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh ANRI dalam rangka peningkatan kesadaran lembaga negara dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan.

Selain melalui wawancara, dilakukan pula pengecekan fisik arsip di ruang record centre dan pengujian penemuan berkas secara cepat dan tepat serta kunjungan ke ruang pameran arsip. Setelah pengiriman pengiriman portofolio pengelolaan arsip dan verifikasi lapangan tahap selanjutnya adalah presentasi.

Plt. Kepala Bagian Tata Usaha dan Rumah Tangga, Ari Sulindra mengungkapkan bahwa pengelolaan arsip menjadi penting karena merupakan bagian dari reformasi birokrasi. “Kami berharap terus mendapatkan arahan dan pembinaan dari ANRI agar nantinya pengelolaan arsip di LKPP dapat dilaksanakan dengan baik.” lanjutnya. Dengan adanya lomba ini, diharapkan pengelolaan kearsipan di lingkungan LKPP akan semakin baik. (pus)

Sumber: http://www.lkpp.go.id/