LKPP dan LPSE Kalbar Gelar Rakernas LPSE Provinsi 2016

LKPP dan LPSE Kalbar Gelar Rakernas LPSE Provinsi 2016

LKPP dan LPSE Kalbar Gelar Rakernas LPSE Provinsi 2016

Pontianak – Lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah bersama LPSE Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Kerja Nasional LPSE Provinsi 2016 selama tiga hari (31 Mei-2 Juni) di Pontianak, Kalimantan Barat.

Kegiatan bertema “Rapat Kerja Nasional LPSE Provinsi: Untuk Penguatan SDM, Inovasi dan Keamanan Informasi LPSE Nasional” ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis dan dihadiri lebih dari 100 peserta dari LPSE Provinsi di seluruh Indonesia.

Beberapa pejabat yang hadir diantaranya adalah Sekretaris Utama LKPP Salusra Widya dan Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Sistem Informasi LKPP Sarah Sadiqa serta Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik Gatot Pambudhi Poetranto.

Melalui forum ini, Sekretaris Utama LKPP menginginkan agar LPSE Provinsi dapat terus memperkuat peran dalam melakukan kerjasama dan pembinaan kepada LPSE Kabupaten/Kota . “Untuk menciptakan lingkungan pengadaan barang/jasa elektronik yang lebih baik. ” ujarnya.

Lanjutnya, LPSE Provinsi juga harus bersinergi bersama LKPP demi penguatan LPSE di masa yang akan datang. Ia mengatakan, setidaknya ada beberapa agenda yang menjadi prioritas LKPP berkaitan dengan LPSE, diantaranya adalah membangun Cloud LPSE untuk mengatasi permasalahan infrastruktur LPSE, menciptakan LPSE yang berstandar baik dari sisi kapasitas, layanan keamanan informasi, serta membangun data penyedia terkualifikasi melalui Sistem Informasi Kinerja Penyedia (SIKaP).

Ia menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin komunikasi antar LPSE Provinsi se-Indonesia, menyampaikan permasalahan yang terjadi di tiap LPSE, khususnya LPSE Provinsi serta merumuskan alternatif kebijakan untuk mengatasi hambatan dengan harapan sinergi antar LPSE, serta antara LPSE dengan LKPP akan semakin baik.

“Bertukar pengetahuan dan pengalaman menjadi kunci dalam penyelenggaraan acara raker kali ini,” terang Salusra.

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menyampaikan harapannya agar para pengelola LPSE yang hadir saling memberi motivasi dan semangat kepada yang lain. Lanjutnya, peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga tujuan dan cita-cita kegiatan tersebut dapat tercapai. “(Nantinya) dapat menghasilkan kesepakatan yang berdampak baik bagi kemajuan dan pembangunan bangsa.” katanya.

Peserta rakernas akan mengikuti Fokus Grup Diskusi yang terbagi dalam tiga sub tema yaitu: “Penguatan Kelembagaan melalui peningkatan kapasitas SDM LPSE, Inovasi pengembangan aplikasi dalam rangka mewujudkan e-goverment serta Menjamin ketersediaan informasi melalui penerapan sistem manajemen pengamanan informasi yang handal.

Rencananya, kesimpulan dari ketiga FGD tersebut akan dirangkum dalam “Piagam Khatulistiwa” dan dibacakan bersama-sama di Tugu Khatulistiwa, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. (fan)

Sumber : http://www.lkpp.go.id/